Rabu, 16 Juli 2014

3 Tempat Di Indralaya Yang Wajib Dikunjungi Versi AET Magazine


Tempat Unik, keren dan Indah di Indralaya
Berbicara mengenai objek wisata, para sahabat tahu tidak kalau di Indralaya yang kita huni ini punya banyak tempat yang luar biasa indah dan keren yang wajib untuk di kunjungi. Apalagi nanti buat para mahasiswa baru yang nantinya akan menetap di Indralaya tidak bakal menyesal deh, sudah jadi masyarakat Indralaya karena tempat ini sudah seperti objek wisata yang tidak kalah keren dengan tempat yang lain bahkan gratis pula. Okey Sahabat AET langsung aja kita bahas satu persatu tempat-tempat yang unik, keren dan indah versinya AET Magazine.
1.      Tanjung Putus
Sahabat AET yang suka dengan nuansa alam yang masih nature, maka wajib untuk mengunjungi satu tempat ini. Tanjung putus merupakan suatu wilayah yang begitu indah dengan hamparan air seperti danau yang luas dan bebarapa ditumbuhi rumput hijau yang asri. Jika musim kemarau hamparan  rendah manjaji lahan kering yang speri padang rumput dan biasanya masyarakat desa tanjung putus banyak melepaskan ternak mereka seperti kerbau, sapi dan kambing untuk mencari makan. Namun menjelang musim hujan lokasi tersebut menjadi bentangan air danau yang bahkan jalan transportasi kendaraan menjadi hamparan air dimana itu menjadi sebuah tempat rekreasi bagi anak untuk bermain air dan berkesempatan mencuci kendaraan oleh masyarakat sekitar.Di daerah tanjung putus juga terdapat Balai Benih Ikan Tawar milik Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Ilir. Benih ikan yang di budidaya meliputi benih ikan nila, patin siam dan lele.
Menjelang sore hari suasana di sekitar tanjung putus sangat ramai baik orang yang memancing, jalan-jalan dan hanya sekedar menikmati suasana keindahan sunset matahari yang sangat menakjubkan tak kalah dengan suasana di pantai. Apalagi pada hari-hari libur seperti hari minggu banyak muda-mudi mengunjungi tanjung putus untuk sekedar nongkrong, berfoto dan jalan-jalan bareng teman atau pasangannya.
2.      Tanjung Senai
Tanjung senai merupakan sebuah lokasi yang akan dijadikan tempat kantor pemerintah Kabupaten Ogan ilir dan gedung DPRD yang baru, namun saat ini masih tahap pembangunan. Tanjung senai berlokasi desa Sejaro Sakti kecamatan Indralaya kabupaten Ogan Ilir, Km 38 indaralaya melewati simpang 4 pondok pesantren raudatul ulum sakatiga. Jika ingin ke kawasan Tanjung senai bisa di tempuh 15 menit menggunakana kendaraan dari kampus Universitas Sriwijaya, Indralaya.
Di sepanjang perjalanan masuk menuju ke kantor Pemkab Ogan Ilir akan disambut bentangan air  danau dengan rumput-rumput dan beberapa jenis ikan didalamnya serta terdapat perahu sampan yang dipakai masyarakat desa sekitar untuk mencari ikan menggunakan jala atau pancing. Bahkan pernah dilaksanakan lomba perahu bidar di danau tanjung senai dalam rangka hari ulang tahun Ogan Ilir yang dilaksanana oleh pihak Pemkab Ogan Ilir.
Di dalam kantor Pemkab terdapat juga kebun budidaya jagung dan kacang kedelai dengan sistem tumpang sari di lahan yang berukuran +  3 Ha. Selain itu halaman pemkab Ogan Ilir banyak taman yang di tanami beragam tanaman hias, pohon sawit di pinggiran dan fasilitas lain seperti Masjid, Rumah sakit dan gedung-gedung perkantoran.
Pemandangan tanjung senai di luar wilayah kantor Pemkab OI terdapat hamparan rawa yang banyak terdapat tumbuh rumput-rumput yang begitu hijau. Selain itu terdapat juga banyak hewan ternak kerbau yang asyik berendam di genangan rawa yang menambah suasana alamiah keindahan tanjung senai. Ada juga danau yang airnya berwarna biru dan tanah yang bepasir menambah suasana seperti di pinggiran pantai laut.
Ketika Sore hari banyak anak muda yang hilir masuk ke tanjung putus hanya untuk duduk di jembatan bersama teman atau pasangan serta menikmati keindahan. Banyak juga orang memancing atau mengguna jala untuk mendapatkan ikan atau hanya sekedar untuk mengabadikan suasana sunset di kawasan tanjung putus.
3.      Masjd H Bajumi Wahab
Masjid merupakan sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah sholat untuk yang beragama Islam. kenapa tempat ini menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi, sedangkan masjid atau musholla lain masih banyak. Para Sahabat Aet masjid ini beda dari tempat ibadah yang lain di Indralaya, karena masjid ini memiliki halaman yang indah, bangunan masjid yang unik dan suasana di sekitar masjid yang begitu keren dan menakjubkan.
Masjid H Bajumi Wahab ini di bangun di atas lahan seluas kurang lebih 1 hektar sejak enam tahun terakhir di desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya, tepatnya di KM 38 (Jalana lintas timur) yang merupakan masjid termegah di Kabupaten Ogan Ilir (OI). Masjid ini memiliki menara dengan tinggi 28 meter, memiliki fasilitas toilet khusus wanita dan pria yang bersih dan nyaman, lapangan parkir luas, berlantai tehel berwarna putih . Halaman masjid yang begitu indah dan bernuansa alam dengan adanya taman-taman dengan beraneka ragam tanaman hias, pohon kurma dan hamparan rumput-rumput hijau di sekitar halaman masjid.
Dilihat dari segi arsitekturnya, Masjid H Bayumi Wahab merupakan perpaduan antara seni arsitektur tradisional dan moderen.  Hal ini bisa dilihat dari bentuk atap masjid ini yang mengadopsi bentuk atap rumah tradisional Palembang yang berbentuk limas, lengkap dengan ukirannya. Sedangkan sisi moderennya bisa dilihat dari material yang digunakan berupa keramik baik yang didalam ataupun diluar bangunan masjid. Tidak mengherankan jika masjid ini menjadi termegah dan unik di kabupaten Ogan Ilir karena dana yang dihabiskan untuk membangun masjid ini sebesar 10 milyar.
Nama masjid ini diambil dari salah satu pengusaha besar yang ada di kota Palembang yaitu Almarhum Haji Bayumi Wahab. Masjid ini merupakan wakaf pribadi dari keluarganyanya. Ia mewasiatkan kepada putra-putrinya untuk mendirikan sebuah masjid di kampung halaman istrinya di desa Tanjung Sejaro, Indralaya, kabupaten Ogan Ilir.
Pada sore hari suasana di sekitar masjid menjadi lebih indah dan berwarna karena nuansa awan dan sinar sunset nya matahari yang membuat masjid ini menjadi sangat cantik. Suasana seperti ini sangat banyak di minati para fotografer untuk berburu foto, bahkan tempat ini pun banyak di minati untuk menjadi lokasi pemotretan pre wedding. Menjelang petang lampu-lampu taman yang ada di halaman dan lampu di masjid di nyalakan menambah keindahan masjd menjadi elegan yang membuat masjid menjadi suat oase tersendiri.
(Ongki DCP)
 #Menuju MUNAS 2015
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar